Tuesday, 10 July 2012

Resensi Buku Tasawuf


IDENTITAS BUKU

Judul Buku                    : DZIKIR TASAWWUF
Nama Pengarang           : M. zain Abdullah
Editor                            : munif A.M.
Nama Penerbit               : Qoula
Tempat/Tahun Terbit     : jl. Pajajaran TimurIV/7 sumber surakarta, 2007
Jumlah Halaman            :234 halaman




PENDAHULUAN
Segala puji bagi Allah tuhan semesta Alam yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, yang dengan rahmat-Nya nampak jelas semua kebenaran dan kebatilan. Ya Allah engkaulah tujuanku, dan keridhaan Engkaulah yang kami cari, berikan kami petunjuk kejalan-Mu yang lurus, dan menyusun tugas resensi ini juga merupakan belas kasih dan kuasa-Mu. Sholawat dan salam  kepada junjungan alam Rasulullah SAW. pembuka segala yang terkunci, penutup perkara terdahulu, pejuang kebenaran dengan kebenaran. Kami  memohon syafaatnya kelak dihari kiamat.
Resensi buku yang berjudul Dzikir Tasawwuf ini saya harapkan memberikan kontribusi besar baik dibidang akedemik maupun non akademik,  ini kali pertama saya mendapat tugas berharga yang saya aggap sangat menantang sekali, walau demikian saya akan mencoba mempersembahkan yang terbaik.
dalam buku Dzikir Tasawwuf tersebut, suatu permasalahan di jelaskan secara singkat dan padat, serta sedikit pembahasan penjelas, seperti sebuah  rangkuman dari berbagai buku. Yang di jelaskan diantaranya menukilkan  tentang pendapat para ulama tasawuf yang berkisar tentang arti tasawwuf, definisinya dan keutamaan dzikir Allah. Sehingga memudahkan saya dalam memahami atau merefrensinya kembali.
Dalam Buku Dzikir tasawwuf itu juga banyak menceritakan kisah para tokoh tasawwuf sebagai objek pembahasan, sehingga memudahkan penulis dapat mengenal secara jelas karakter keperibadian ulama yang mencari jalan menuju Tuhannya dan ini sangat berbeda dengan buku lain. Disamping itu juga, pengarang buku tersebut merangsang penulis untuk memperluas pengetahuan  karena seperti yang dipaparkan tadi, pengarang memberikan gambarang yang ringkas dan sederhana.
Singkatnya, Semoga tugas refrensi Dzikir Tasawwuf ini bermanfaat untuk penulis dan pembaca, sehingga tugas ini menjadi amal sholeh sekaligus amal jariah yang penulis terima di akhirat. Harapan penulis juga semoga ini dapat menjadi sebuah bentuk karya yang menjadikan mazra’atu ‘l-Ãkhirah[1] penulis.
Ringkasan Buku
A.    Pengertian tasawwuf
Tasawwuf diambil dari kata shofw yang berarti bersih, shafa berarti jernih, suffah merupakan sebuah kamar disamping masjid Rasulullah menurut sekh ahamad bin Muhammad zain bin Mustafa al-fatani dalam bukunya hadiqatul azhar bahwa arti tasawwuf ialah mamakai shuf artinya bulu. Mereka tidak mau menyerupai kebanyakan orang yang selalu bermegah-megahan daengan pakaian yang serba indah. Mereka merasa cukup berpakaian yang terbuat dari shuf (bulu) itu sekedar menutup auratnya. ada yang berpendapat bahwa “berpegang dengan kefakiran, , ifqar (merendahkan diri) apa yang menghalangi dan  ikhtiar.” Dengan  kata lain “ “berpegang teguh dengan  kefakiran, membuktikan kesanggupan berkurban dan meniadakan diri, meninggalkan banyak kepentingna dan banyak pilihan.” Hadirnya tasawwuf Dikarenakan banyaknya kesenangan hidup yang dihawatirkan akan membawa keburukan diri, dan memangakibatkan  kesesatan, untuk itu, tasawwuf  hadir dengan tujuan  mengarahkan hati kejalan yang diridhai oleh Allah dengan cara meninggalkan urusan dunia dan memfokuskan diri menyembah Allah dalam arti mereka “bertawassul”
B.     Tujuan bertasawwuf
Tujuan dalam bertasawwuf  hanya  Untuk mendapatkan ma’rifatullah (mengenal Allah) dengan faidah yang sesungguhnya hingga tersingkap hijab yang membatasi diri dengan Allah. Mereka berpendapat, permulaan tasawwuf adalah ilmu pengetahuan, pertengahannya kekal mengerjakan amal ibadah dan akhirnya mauhibiyah, atau pemberian Allah.
Sehingga dengan faidah tasawwuf  itu bisa memberikan anugrah dari Allah dengan tujuan diantaranya :
ü  Ilmu bathin
ü  Ilmu qalbi (ilmu hati)
ü  Limu laduni (ilmu pada sisi Allah)
ü  Ilmu mukasyafah (ilmu penyingkapan)
ü  Ilmu asrar (ilmu segala rahasia).
ü  Ilmu maknun (ilmu yang disembunyikan)
ü  Ilmu haqiqat.;
Dalam bertasawwuf ada 4 pokok yang harus di jalankan dengan cara bertahap sehingga bisa mencapai tingkat yang sebenarnya, pokok-pokok itu diantaranya :
1.      Syari’at menyuruh atau memerintahkan hamba Allah melakukan amal ibaa secara tetap denga syart-syarat yang bisa menurut ajara agama Islam.
2.      Thariqat adalah melalui jalan syari’at yaiut menjalankan segal amal ayari’ah yang mempunyai beberapa batas, misalnya seperti keadaan sembahyang, adaya yang dua raka’lat, tiga raka’at dan empat raka’at bahkan ada yang lebihdan syari’at itu juga mempunyai bebrapa ketentuan, misalnya menentukan apakah keadaannya fardhu (wajib) atau sunnat, ditentukan waktunya atau tidak.
3.      Haqiqat ialah memandang ketuhanan dengan mata hati (bashirah), sehingga kadang-kadang nampak menyimpang atau meninggalkan jalan Allah (telihat pada lahir saja) ini adalah rhasia yang didasarkan kepada makna yang tiada batas (had) dan tidada arah (jihat) bagi-Nya.
4.      Ma’rifat ialah mengenal Allah (ma’rifatullah). Yang merupakan “tujuan pokok” dalam Ilmu tasawwuf, yakni mengenal Allah yang sebenarnya, Yaitu Allah yang ia sendiri berfirman “aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan selain aku”
Keempat inti pokok pembahasan Islam tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain, ibarata tali pintal, jika rusak satu tali maka akan rusak pintalannya itu
Maksud dari emapat pokok tersebut ialah  agar  mendirikan  kehambaan yang dituntut dari pada setiap hamba-Nya, yaitu menyembah Allah sesuai dengan firman Allah dan Wama kholaktuljinna walinsa illaa liyakbuduun
“dan aku tidak aku ciptan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”[2]
Bahkan imam Al-Gozali dalam kitabnya “ihya ulumuddin” mewajibkan setiap orang islam agar mengetahui jika ingin mendapatkan tingkat keimanan yang tinggi, ilmu batin adalah setinggi tinggi ilmu pengetahuan. Dan ilmu batin itulah yang menjadi pakaian para siddiqin dan muqarrobin, merupakan cahaya yang menerangi hati ketika hati dalam keadaan suci, merupakan cahaya yang menerangi hati ketika hati dalam keadaan suci dan bersih, sehingga tercipta makrifat yang haqiqi dengan Nya.
Demikianlah keadaan tasawwuf, ia leih banyak tergantung kepada zauq (perasaan) dan wajdan (pendapat). Lain hanya dengan kedudukan ilmu lahir, laksana buah pada pohon. Tetapi pohon tidak akan bermanfaat kalau tidak menghasilkan buah.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             
C.    Bisakah Manusia Bersatu Dengan Tuhan.?
Mendengar hal ini timbullah keraguan dalam hati yang menggoyahkan pendirian, dalam tata konsep ini tidak akan bisa dijelaskan dengan gambelang, hanya saja sebuah pandangan umum  karena hal ini berkaitan dengan perasaan, contohnya al-farabi tidak memiliki pendirian tentang ittihad[3], dan menolak faham hulul tapi lain dengan shufi abdul karim al-jilli dalam menemukan Tuhan menolah ittihad dan hulul[4], Jadi sangat berbeda dengan abu yazid al-bustami dan ibnu farabi yang memakai cara ittihad atau wahdatul wujud[5] sedang al-hallaj yang memakai cara hulul ( Tuhan bisa bersatu dengan Makhluk) tetapi berbeda pula dengan pedirian al-ghazali yang mengatakan bahwa wujud Tuhan meliputi akan segala wujud. Tidak ada yang wujud, melainkan Allah dan perbuatan Allah. Allah dan perbuatan-Nya adalah dua, bukan satu.
Konsep-konsep diatas hanyalah sebuah perasa didalam hati seorang kekasih Allah, karena kenikmatan dengan Zat yang dicintainya dapat menyingkap hijab dan meretas pembatas sehingga hilanglah kesadaran dalam diri, yang hanya tinggalah dirinya dengan yang dicintainya. Dalam ilmu tasawwuf, dalam menyingkab hijab tersebut diperlukan tiga tingkatan yaitu : takholli[6], tahalli[7], tajalli[8],
D.    Dzikir
Asal dzikir adalah ash- safa yang berarti bersih dan hening. Menurut bahasa artinya ingat atau sebut. Didalam al-quran terdapat banyak perintah untuk mengingat Allah seperti surat al-jumu’ah : 10 yang berbunyi “Dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu mendapat kemenangan”.bebarapa pembagian dzikir antaranya
a.       Dzikir lisan ( nafi itsbar)
b.      Dzikir hati ( qalbu )
c.       Dzikir rahasia ( sir )
Dalam melaksanakannya tidak ada larangan untuk mengerjakan salah satu atau semua dzikir tersebu karena “karena Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya ( QS. Al-Baqarah : 286 )



                             



Indentifikasi buku
a.       Materi
M.zainuddin dalam buku tasawwuf karangannya, yakni Dzikir Tasawwuf menjadikan para pembaca dapat lebih cepat mengerti, kerena selain dari tema yang di bahas sangat urgen, pengarang juga soalah-olah memberikan pengantar kepada pembaca, tentang indah dan pentingnya bertasawwuf yang benar hingga mencapai tingkat ma’rifatullah (kedekatan dengan Allah)
Materi yang disampaikan sangat beruntun, dan tema yang satu ke tema yang lain, sangat berkaitan erat yang dimulai dengan pengenalan tasawwuf, pengertian dan pokok tasawwuf yang urgen sekalipun disampaikan dengan begitu akurat dan sangan simple, saya rasa tidak salah jika dalam buku itu saya katakan bagus dan peting bagi pemula.
b.      Metode
M.zain abdullah dalam menjelaskan isi pokok buku, sangat ringkas sekali, tidak memiliki bahasa uraian yang memerlukan penjelas sehingga mudah dimaknai dan mudah di mengerti bagi siapa saja yang ingin mempelajari ilmu tasawwuf, dalam buku lain biasanya akan menyetirkan materi yang sangat luas, tanpa mempertimbangkan reaksi pembaca, biasanya bagi para pemula seperti saya akan lebih mudah memahami kalimat efektif dan ringkas, karena dalam peraktiknya, ketika pembahasan disajikan terlalu luas, menimbulkan reaksi kebosanan dan kemalasan, seperti kata-kata istilah arab atau pengertian penjelas yang sangat panjang. Namun begitu, peresensi menilai, buku yang disajikan sangat simpel. ini merupakan buku yang bagus dan salah satu rujukan untuk memulai mengenal tasawwuf beserta tokoh-tokoh tasawuf.
Akan tetapi, M. zain Abdullah dalam menyajikan materi tidak memperhatikan bagian penting dari sebuah karya tulis seperti, foot note yang tidak dicantumkan dalam semua lembaran, dan beberapa penjelasan yang tidak memiliki kata sambungan, dalam arti pengarang langsung merangsang ide pokok ke lain pembahasan tanpa mempertimbangkan keterkaitan meteri yang satu dengan yang lainnya. Juga sebagian penjelas atau pendapat para ulama sering di ulang sebagai contoh ke konteks pembahasan lain, sehingga terkadang menimbulkan wacana bahwa isi buku tersebut memiliki refrensi yang sedikit. Dalam hal ini, akan mengakibatkan ketidak fokusan pembaca dalam memahami tema, sekaligus maksud pengarang. Dalam dalam segi metode baik penyusunan dari pendahuluan, isi sampai penutup sangat runtun/atau tema pembahasan menunjukkan kerasionalan dalam arti tidak janggal.

c.       Moment diterbitkan buku
Tidak ada alasan yang dapat menggugah tentang bagaimana ketepatan penerbitan sebuah buku, saya merasa, kerena bertasawwuf adalah sifat yang sangat perlu dimiliki oleh Hamba Allah untuk mendekatkan diri kepada-Nya, tidak akan terikat pada suatu ketepatan waktu, juga bisa dikatakan bertasawwuf adalah sifat pokok yang harus dimiliki oleh seorang hamba, dalam arti ilmu tesawwuf dan berperan kapan pun dan keadaan bagaimana pun. dalam hal ini, sangat sulit sekali jika kita bermaksud untuk menggugat waktu terbit buku tasawwuf, tetapi beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penerbitan adalah tema-tema apa saja yang menarik pada zaman modern ini. Jika hal itu disajikan tentu pembaca akan langsung memahami betul dan merasakan tema-tema itu langsung bekerja bagi orang yang membacanya, jadi tidak harus menjelaskan tata cara tasawwufnya ulama pada masa terdahulu, dan juga tidak harus mendokterin bahwa, “inilah cara tasawwuf sebenarnya”. Penulis rasa, dalam ketepatan diterbitkan buku hanya bertumpu pada tema-tema yang sesuai konteks zamannya saja.
d.      Segmentasi pembaca ( sasaran pembaca )
Buku tasawwuf ini mengarahkan kepada pengenalan ilmu tasawwuf dan keterkaitannya dengan ilmu yang lain, serta mamfaat mempelajarinya. Penjelesan tema-tema yang sangat berurutan di dalam buku tersebut akan mengarahkan pembaca untuk mengenal lebih jauh hingga pembaca benar-benar sadar akan pentingnya belajar ilmu tasawwuf. Selain itu sistem aturan pertema lebih mengerucut, dimana dari awal pembahasan hingga akhir terus kedalam inti pembahasan, dengan demikian pembaca akan lembih memahami dan tidak cepat bosan, terutama kepada pembahasan inti dari buku Dzikir Tasawwuf tersebut. Dengan jelas penulis menuntun dari pembahasan umum dan khusus.
Sasaran pembaca mengenai ma’rifatullah yang dimana dalam buku tersebut secara jelas menguraikannya mulai dari syariat, tariqat, haqiqat, dan ma’rifat sehingga pembaca akan lebih mengenal secara mendalam inti pembahasan buku yang di tulis pengarang.

e.       Teknik penulisan
Buku karya M.zain abdullah tidak memiliki kalimat metafora dan bahasa uraian yang terkadang sulit dimengerti oleh pembaca. Dengan demikian, tidak salah jika buku tersebut dikatakan efisien dalam penyajian maupun maknanya. Pembahasan yang tidak ngambang, yang mengakibatkan pembaca akan terus fokus dan akhirnya mencapai kesimpulan materi.

f.       Lay out
Buku dzikir tasawwuf karya M. Zain Abdullah berukuran sedang yakni :12,5 x 20 cm. dengan jumlah halaman 234 halaman. Buku tersebut sangat efesien Sehingga tidak sulit untuk dibawa kemana-mana. Ukuran tersebut akan menarik perhatian peminat tasawwuf karena kelihatan simple dalam arti uraian yang disampaikan tentunya efektif dalam penulisan tata bahasa.
Jika di lihat dari setting lay out-nya maka aturannya seperti ini :
a.       Margins
Top            : 0,47 cm
Left           : 0,39 cm
Right         : 0,71cm
Bottom      : 0,53 cm
b.      Paper
Width        : 12,5 cm
Height       : 20 cm


Kritik Presensi
Dzikir tasawwuf karya M.zain abdullah tersebut mulai dari tema-tema yang sangat berurutan akan memudahkan pembaca, namun demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi penulis terutama, foot note yang sama sekali tidak salipkan, hanya saja dengan alasan agar pembaca tidak keliru untuk meneliti atau tidak sulit dalam memahami tema yang disampaikan penulis, tapi akankah lebih baik jika dalam penulisan karya tulis di berikan foot note, karena agar memungkinkan pembaca yang ingin mendalami suatu pembahasan bisa merujuk pada buku kajian penulis. Dalam hal ini adalah perlu untuk diperhatikan. Karena disetiap pembahasan bisa saja akan menimbulan kontra persi dalam pemaknaan yang berbeda misalnya, atau malah isi yang berbeda. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh pembaca. Setidaknya foot note akan mengurangi keraguan sumber pembahasan.
Dalam metode penulisan terutama, memang sangat baik sekali akan tetapi sebaiknya dalam menberikan contoh penulisan berupa tokoh-tokoh tasawwuf diberikan jarak dan kesinambungannya memperhatikan kefokusan pembaca. Dalam hal ini buku tersebut terkesan seperti kurang materi kajian dan pengalaman penulis yang terkesan memaksakan penjelasnya. Karena yang di sajikan berupa kata efektif, bagi pembaca yang mungkin bergelut dalam sastra tentunya memerlukan penghibur kalimat indah yang bisa di tuliskan melalaui syair-syair tokoh tasawwuf tersebut, misalnya seperti imam syafi’I yang kebetulan seorang ulama dan penyair kerohanian yang sering menyetirkan bait syair seumpama kalimat metafora yang berkaitan dengan tema penbahasan, ulama lain misalnya seperti al-gazali, siyidi ahmad arrifa’I, sikh abdul kadir jailani dan ulama-ulama lainnya. Kritik lain mengenai pembahasan tema, Penulis terkadang dalam menyajikan suatu tema di paparkan dengan sangat panjang, meskipun terkesan ringkas. Dalam arti sumber yang diberikan penulis mengalami pengalihan sumber yang terkadang terkesan tidak padu antara penjelas dengan yang di jelaskan, nah hal inilah yang perlu diperhatikan penulis dalam buku selanjutnya.


Daftar Pustaka
Al-quran
M. zainuddin abdullah; editot : munif A.M. Dzikir tasawwuf. solo. Qoula, 2007

















 \

No comments: